Senin, 10 Mei 2010

Mengenal Yesus Dan Kuasa Kebangkitan-Nya Dan Penderitaan-Nya

Mengenal Yesus Dan Kuasa Kebangkitan-Nya Dan Penderitaan-Nya
Disusun oleh: Ingar Sinaringbudi Hadiprasetya, D.Miss.

Nas Alkitab: Filipi 3:10; Galatia 2:20; II Petrus 3:18; Hosea 4:6; Efesus 4:13.

Pendahuluan: 4 Model / Tahap Pengenalan

A. Aku tidak mengenal dia
Dia tidak kenal aku
Tidak Kenal

B. Aku tahu dia
Dia tidak tahu aku
Sekedar tahu

C. Aku tahu dia
Dia tahu aku
Sekedar mengenal

D. Aku mengenal dia
Dia mengenal aku
Saling mengenal, akrab / intim

Mengenal Yesus (TUHAN, JURUSELAMAT, NABI, IMAM, HAKIM, RAJA, SAUDARA SULUNG).
> Bukan sekedar memiliki Pengetahuan tentang Yesus, tetapi memiliki Pengenalan
/eksperimental knowledge (hubungan yang erat dan berada dalam persekutuan dengan
Yesus)
> Propaganda /apa kata orang/ memiliki kepentingan tertentu, sensasi
> Sekedar ingin tahu / penasaran
> Intelekstualistis (pengenalan secara pengetahuan, yang nampak).
> Mistik / tahayul.
> Eksistensiil (mengetahui secara menyeluruh)
> Pengenalan secara relasi yang mesra /erat (kedekatan).

Kuasa Yesus
> Segala kuasa di sorga dan di bumi ( Matius 28:18)
* Alam Semesta ( Matius 14:22-23)
* Sebagai Sang Pencipta (Kolose 1:16).
> Kuasa pengampunan dosa (I Kor.15:17)
> Kuasa Penciptaan hidup yang baru
* Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh
baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari
antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam
hidup yang baru.
* 2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru:
yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
> Kuasa membaptis dengan Roh Kudus (Yohanes 1:33).
> Kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan
segala kelemahan (Matius 10:1; Markus 6:7; Lukas 9;1= tenaga dan kuasa).
> Kuasa Kebangkitannya (Kisah 19:11, Paulus membangkitkan Eutikus- Kis 20:9).
* I Korintus 15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah
pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
* Wahyu 1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai
selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
* Roma 8:10-11 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati
karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. 11 Dan jika
Roh Dia (Allah Roh Kudus), yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang
mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari
antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya,
yang diam di dalam kamu.
* Roma 4: 24 karena kita percaya kepada Dia (Allah Bapa), yang telah
membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati (bnd. Ibrani 9:14)
* Filipi 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa
dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala
sesuatu kepada diri- Nya.
* Kolose 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia
kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang
telah membangkitkan Dia dari orang mati.
* Roma 6:3- 4 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis
dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? 4 Dengan demikian kita
telah dikuburkan bersama- sama dengan Dia oleh
baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari
antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam
hidup yang baru.
* Efesus 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum
Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya
menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai
sejahtera,

Persekutuan dalam Penderitaan-Nya
* Kolose 1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan
menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk
tubuh-Nya, yaitu jemaat.
* II Timotius 2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang
pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan
kemuliaan yang kekal.
* I Petrus 4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat
dalam penderitaan Kristus,supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada
waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
* Matius 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak
bagi-Ku.
* Matius 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau
mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Serupa dengan Kristus dalam Kematian (Stefanus – Kisah 7:55-60)
* II Korintus 4:10 Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami,
supaya kehidupan Yesusjuga menjadi nyata di dalam tubuh kami.
* Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan
Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam
daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan
menyerahkan diri-Nya untuk aku.
* Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga
ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya
Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung diantara banyak saudara.
* II Korintus 4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami
kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada
penderitaan kami.
* Filipi 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan
tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu
kepada diri-Nya.
* I Yohanes 3:2 kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia
dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar